Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-51


KOTA BOGOR - Gerakan Pramuka telah memasuki usia ke-51 tahun.

Aneka kegiatan telah dan akan menghiasi dan memeriahkan HUT Pramuka ke-51 baik di tingkat nasional, daerah, sampai di tingkat ranting. Hal itu pun berlaku di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor.

Ada 17 agenda yang siap dihelat untuk memeriahkan HUT Pramuka ke-51 tahun.

Memasuki tanggal 14 Agustus ini, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-51 di ruang rapat 1 Balaikota Bogor. Hadir pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah kota Bogor, Aim Halim Hermana mewakili Walikota Bogor; Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kota Bogor, Ade Syarief Hidayat; perwakilan Muspida, serta perwakilan kwartir ranting dan gugus depan. Total ada sekitar 300 undangan memenuhi ruang rapat satu Balaikota.

Dalam sambutannya  Walikota Bogor diwakili  Aim menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus Kwarcab gerakan Pramuka kota Bogor yang dalam dua tahun terakhir ini, telah menempuh sejumlah langkah strategis dalam menguatkan gerakan pramuka di kota Bogor.

“Termasuk langkah penandatangan MoU dengan dua institusi yang memegang peranan penting dalam proses pembinaan dan pendidikan karakter yaitu Dinas Pendidikan Kota Bogor dan Kantor Kementrian Agama,” sebutnya.

Aim menyebutkan, apa yang telah dilakukan jajaran pengurus Kwarcab gerakan pramuka selama dua tahun terakhir ini adalah sebuah gambaran bahwa kita tengah berada pada gerbong, barisan, dan langkah yang sama untuk bersama-sama menggiatkan gerakan pramuka di kota Bogor.

“Kita memang berharap, Gerakan Pramuka sejatinya adalah sarana yang dapat kita gunakan untuk menampung banyak pelajar untuk mengarungi lautan pergaulan mereka yang begitu banyak diterjang arus globalisasi,” bebernya lebih lanjut.

Maka, menurut Aim, peringatan Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-51 ini harus dijadikan sebagai momentum yang sangat baik bagi seluruh keluarga besar Gerakan Pramuka untuk menguatkan langkah, memacu langkah, dan memperbesar komitmen sebagai sebuah upaya berkesinambungan menggairahkan gerakan pramuka di kalangan pelajar, terutama di kalangan pelajar SMA.

“Saya berharap semua unsur gerakan Pramuka sangat diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan bakti bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan bagi masa depan kaum muda yang lebih baik di masa yang akan datang,” ungkap Aim.

Upacara HUT Pramuka tingkat kota Bogor ke-51 ini terasa spesial karena turut pula diserahkan beberapa penghargaan. Salah satunya adalah pemberian penghargaan Gugus Depan berprestasi tahun 2012.

Menurut Ade Syarief, kegiatan ini menjadi bagian untuk mendorong setiap gugus depan untuk terus menggiatkan gerakan pramuka di gugus depan masing-masing.

“Kita memahami, gugus depan adalah garda terdepan dalam menguatkan gerakan pramuka karena pusat aktivitas pramuka memang di gugus depan,” beber Ade.

Untuk gugus depan tingkat golongan pramuka siaga, SDN Marga Jaya 1 terpilih sebagai gudep berprestasi tinggi. Di peringkat berikutnya, ada SDN Polisi 5 sebagai gudep berprestasi baik dan SDN Pakuan sebagai gudep berprestasi cukup.

Sedangkan golongan pramuka penggalang SD/ MI, SDN Panaragan 1 memperoleh predikat gudep berprestasi tinggi. Diikuti oleh SDN Bantarjati 8 sebagai gudep berprestasi baik dan SDN Kedungbadak 4 sebagai gudep berprestasi cukup.

Di golongan pramuka penggalang SMP/ Mts, SMP Negeri 7 sukses meraih gudep berprestasi tinggi. Kemudian ada Mts Tarbiyatusshibyan sebagai gudep berpreasti baik dan SMP Negeri 10 sebagai gudep berprestasi cukup. Untuk golongan pramuka penegak, SMK Negeri 1 sebagai gudep berprestasi tinggi; SMA Negeri 10 sebagai gudep berprestasi baik, dan SMA Negeri 9 sebagai gudep berprestasi cukup. Khusus golongan pramuka pandega, gudep berprestasi tinggi diberikan kepada Universitas Ibn Khaldun.  

Pada kesempatan ini, turut pula diberikan tanda penghargaan Lencana pancawarsa dari Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat tahun 2012. Ada 45 nama pembina gerakan pramuka baik dari unsur gudep maupun andalan cabang kota Bogor. ARW/poto agus

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.21. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor