Simulasi Calon Jama'ah Haji Kota Bogor


KOTA BOGOR - Lapangan Sempur yang berlokasi di Jalan Jalak Harupat Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor disulap mirip Masjidil Haram Mekkah Arab Saudi.

Ummat muslim dengan mengenakan pakaian serba putih, Sabtu (14/7/2012) mengelilingi Ka’bah buatan di lapangan yang biasa dipergunakan kegiatan upacara dan olah raga.

Mereka adalah Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kota Bogor sedang melakukan simulasi peragaan manasik haji.  Manasik haji yang dilaksanakan secara kolosal tersebut disaksikan Sekretaris Daerah Kota Bogor  Aim Halim Hermana dan  Kepala Kantor  Kementerian Agama Kota Bogor.  H. Muchtar, dan Ketua Forum Komunikasi KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Jawa Barat  H. Rachmat E Sulaeman.

Kendati baru sebatas latihan, namun para jamaah dengan khusunya mengikuti petunjuk dari para pembimbingnya yang memperagakan cara-cara manasik.

Dibawah terik matahari yang menyengat namun tidak menyurutkan para Jamaah memperagakan tata cara yang harus dilaksanakan, baik itu rukun  maupun sunah haji seperti memperagakan cara  melempar jumroh, Sa’i, wukuf, dan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah  buatan yang disulap sedemikian rupa berdiri di tengah-tengah lapangan  Sempur

Praktek manasik kolosal tersebut diawali dengan terdengarnya suara adzan zuhur oleh Lukman Hakim dari Kantor Kementrian Agama Kota Bogor Sedangkan Khutbah dipadang Arafah disampaikan oleh  H. Rachmat E Sulaeman Ketua Forum Komunikasi KBIH Jawa Barat.

Sekdakot Aim Halim Hermana mengatakan, simulasi tata cara pratek manasik haji kurang lebih, sedikit untuk memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi pada saat tawaf, sa’i,  dan melempar jumrah. (eka)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.06. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor