Penyuluhan LP3 TP PKK Se-Kabupaten Bogor

CIBINONG - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor menggelar Latihan Pengelola Program dan Penyuluh (LP3) yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Bogor yang dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Elly Halimah Rachmat Yasin. 

Pelatihan LP3 ini bertempat di Ruang Serbaguna II Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Senin (26/6/2012).
 

Elly mengatakan keberhasilan 10 program pokok PKK bergantung pada para kader yang memiliki jiwa relawan, memiliki kemampuan tinggi dalam mengelola gerakan PKK sehingga para kader ikhlas dan sabar untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Bogor.

“Pelatihan ini sebagai sarana untuk memberikan pemahaman para kader yakni Ketua, Sekretaris, Bendahara, juga Ketua Kelompok Kerja (Pokja) pada tiap Kecamatan se-Kabupaten Bogor sehingga mereka memiliki keterampilan, pengetahuan juga peningkatan wawasan sebagai tambahan ilmu dalam menjalankan tugas-tugasnya”, ungkap Elly.

Ia menambahkan, keterampilan yang dimiliki kader meliputi pelaporan, supervisi, administrasi umum, pengisian data dan lainnya sehingga para kader Kecamatan dapat menindaklanjuti hasil pelatihan LP3 ini ke tingkat Desa.

“Pelatihan LP3 ini juga akan dievaluasi pada saat bina wilayah pada tiap desa dengan keunggulan dan potensi masing-masing untuk diikutsertakan pada tingkat Provinsi dan Nasional juga diharapkan para kader lebih solid untuk meningkatkan grafik prestasi PKK di tahun-tahun mendatang agar masyarakat pun merasakan manfaatnya, karena PKK dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bogor”, harapnya.

IPM tersebut, lanjutnya diantaranya melalui kegiatan keaksaraan fungsional untuk membantu pemerintah dalam menekan masyarakat yang buta aksara juga ada usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) agar membantu keluarga meningkatkan pendapatan ekonominya.
Sementara itu, Ketua Penyelenggara LP3, Aat Basmiati mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan PKK Kecamatan, meningkatkan kualitas para kader dan menyamakan persepsi terkait 10 program pokok PKK.

“LP3 yang diikuti TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Bogor ini diberikan materi oleh Ketua dan Sekretaris TP PKK Kabupaten Bogor tentang mekanisme gerakan PKK juga sesuai format perubahan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 7 tahun 2010 karena banyak yang harus diperbaiki PKK juga mengenai kelompok kegiatan (Poktan) agar mereka lebih memahami dan memacu semangat mereka bekerja keras di lapangan”, ucapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan pelatihan ini dirasakan manfaatnya oleh para kader PKK sehingga mereka lebih paham, terkait pengisian data lebih rinci, spesifik dan detail yang harus mereka isi sesuai format perubahan salah satunya dasawisma yang dipisahkan anatara laki-laki dan perempuan. 

Pelatihan ini akan diteruskan ke tingkat desa oleh kecamatan, kita evaluasi mana desa yang layak diajukan ke tingkat Provinsi dan Nasional dan kegiatan LP3 ini dibiayai Anggaran Pendapataan dan Belanja Daerah (APBD) PKK Kabupaten Bogor tahun 2012. (Ami/Ice)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 19.06. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor