TB Luthfisyam: Pemkab Gelar Rapat Koordinasi Jelang Ramadhan


CIBINONG - Menjelang masuknya bulan suci ramadhan  1433H/2012, Pemerintah Kabupaten  Bogor menggelar Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah Tingkat Kabupaten Bogor, yang dipimpin langsung Bupati Bogor Rachmat Yasin bertempat di Ruang Rapat Bupati Bogor, Kamis (28/6/2012).

Rapat yang dihadiri oleh para petinggi Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor, seperti Ketua Pengadilan Negeri Cibinong,  Dandim 0621 Cibinong, Kapolres Bogor, Kepala Kejaksaan Negeri Cibinong, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Sekda Kabupaten Bogor beserta para Kepala SKPD serta Camat se-Kabupaten Bogor ini

Pertemuan ini membahas tentang upaya antisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi menjelang tibanya bulan suci ramadhan sehingga tercipta situasi yang kondusif dan dapat terjaga kesuciannya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor  H. Tb. Luthfie Syam saat dimintai komentarnya terkait hasil rapat tersebut kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa rapat tersebut menghasilkan beberapa agenda terkait menjelang tibanya bulan suci ramadhan. 

Menurutnya akan ada kemungkinan terjadi perbedaan pendapat tentang penetapan tanggal dimulainya bulan suci ramadhan. “Untuk itulah, Pemkab Bogor menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bogor untuk menghindarkan setiap perbedaan yang mengarah kepada perpecahan yang berkaitan dengan masalah Khilafah. karena ini merupakan salah satu kekayaan dalam Islam”. tandas Lutfie. 

Selain itu, juga dihimbau kepada seluruh pemuka masyarakat dan tokoh agama agar memandu dan mengarahkan ummatnya guna meningkatkan kebersamaan, saling menghormati, dan menghindari kegiatan individual maupun masalah yang dapat mengganggu ketertiban, keamanan dan kenyamanan masyarakat. 

Himbauan lainnya yang terungkap dalam rapat tersebut, yaitu dengan meningkatnya aktivitas masyarakat satu hari sebelum tanggal satu pada bulan ramadahan. Biasanya, masyarakat mengunjungi sanak keluarga atau berziarah ke makam. 

Dalam kondisi inilah, tambah Luthfie, Pemkab Bogor  berharap kepada masyarakat untuk bisa berhati-hati dan waspada, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Guna menjaga suasana kondusif di bulan suci Ramadhan 1433 H, Bupati Bogor juga mengeluarkan sejumlah himbauan. 

Himbauan Bupati Bogor antara lain agar pihak-pihak terkait dapat melakukan pengaturan dan pembinaan terhadap semua usaha pariwisata, terutama yang berkaitan dengan aktivitas hiburan malam, termasuk kepada para pengusaha restoran atau rumah makan, agar dalam menjalankan usahanya senantiasa menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

“Dalam hal ini, Bupati Bogor sudah memerintahkan langsung kepada Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Bogor untuk melakukan operasi penertiban-penertiban terukur yang Insya allah akan dibantu oleh aparat Polres Bogor dan Kodim 0621 Cibinong”. Papar Luthfie.

Adapun mengenai kesiapan bahan pokok saat menjelang bulan Ramadan, Pemkab Bogor dalam hal ini Dinas Koperasi  Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan PD Pasar Tohaga akan melakukan pengecekan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok yang akan dilakukan satu minggu sebelum masuknya bulan suci Ramadhan dengan mengunjungi beberapa pasar yang ada di Kabupaten Bogor.

Diakhir himbauannya, tambah Luthfie, Bupati juga berharap kepada pimpinan instansi pemerintah maupun swasta agar memberikan kemudahan karyawan/karyawati yang beragama Islam, untuk melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyuk. (diskominfo)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 14.50. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor