Wayang Golek Ngubek Setu Semalam Suntuk


KOTA BOGOR - Ratusan warga datang ke Situ Gede untuk menyaksikan kepiawaian dalang Asep Sunandar Sunarya dari Giri Harja 3 Bandung berlokasi di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Sabtu (23/6/2012).  
 
Sejak bada Isya, lapangan tempat digelarnya acara sudah penuh sesak, dan ruas jalan menuju Situ Gede sangat padat bahkan menjelang tengah malam macet total.  Bahkan, tidak sedikit warga mengambil jalan pintas untuk keluar dari area Situ Gede. 

“Karena terjebak macet, saya terpaksa melalui jalan hutan Cifor walapun gelap dan jalannya rusak, “ kata  Yayan warga Cemplang Baru Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sepertinya mulai kepincut dengan Situ Gede,   sebab setelah siangnya ikutan ngubek setu, malam harinya masih menyempatkan diri menyapa warga sekitar dalam  Pagelaran Wayang Golek semalam suntuk melalui program Gubernur Saba Lembur.

Di sela-sela pementasan Wayang Golek  Dalang Asep Sunandar Sunarya, Kang Aher, memaparkan beberapa  program yang telah berhasil dikerjakannya selama  4 tahun memimpin Jawa Barat.  

Menurut Aher yang berdialog dengan Si Cepot,  Kegiatan Gubernur Saba Lembur  dengan mementaskan Wayang Golek adalah salah satu upaya untuk melestarikan Budaya Sunda,  karena dengan cara seperti itu budaya Sunda akan tetap dicintai dan dilestarikan oleh urang Sunda.

Selain bercengkrama dengan Si Cepot, dia juga berdialog dengan beberapa  pengunjung dari luar negeri  diantaranya dari Jerman, Prancis, Serbia yang sedang tugas belajar di Indonesia mendalami seni pedalangan. Ia sendiri merasa senang karena ternyata antusias menonton  masyarakat Bogor terhadap  wayang golek sangat luar biasa.  
Sementara itu Dalang Asep Sunarya  dalam pagelaran tersebut membawakan lakon Jala Sabda, yakni  cerita seorang satria yang penasaran ingin menghabiskan keluarga Pandawa Yudistira, Arjuna, Nakula dan  Sadewa, setelah berhasil mencelakakan Bima.

Dalam kesempatan tersebut Asep dibantu kedua anaknya yang bergiliran menggatikan dirinya, yakni Dalang Dadan Asep S. Sunarya dan Yogaswara  Asep S. Sunarya.

Selain Gubernur Heryawan, tampak Kadisbudpar Jawa Barat, Nunung Sobari Sekda Kota Bogor, Bambang  Gunawan, Asisten Administrasi Umum yang juga Ketua Panitia HJB (Hari Jadi Bogor) ke 530 Arief M. Budiyanto  Kadisbudpar Kota Bogor, Yanyan Rusmana, Kabid. Kebudayaan Disbudpar R. Susilowati,  Camat Bogor Barat, Aep Saefudin para lurah dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) se-Kecamatan Bogor Barat, tokoh masyarakat  dan ulama  setempat.  (chris)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.11. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor