Wisata Alam Perawan Gunung Bunder Bogor


PAMIJAHAN - Kawasan Wanawisata Gunung Bunder adalah salah satunya, lokasi wisata ini sendiri terletak di wilayah kecamatan Pamijahan kabupaten Bogor Jawa Barat, berada di ketinggian 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) maka suhu di kawasan ini cukup sejuk dan dan sering turun kabut.

Memasuki pintu gerbang, kita sudah disuguhi dengan keindahan , deretan pepohonan yang berjajar rapi, didominasi oleh hutan Pinus milik Perhutani.

Keindahan yang kita lihat itu hanyalah sebagian kecil dari keindahan-keindahan yang akan kita temukan selanjutnya di kawasan ini, ada beberapa curug (airterjun), hampir semua curug-curug di kawasan ini berada dekat dengan jalan raya, jadi tidak perlu menguras tenaga untuk berjalan kaki menikmati keindahannya. Curug yang dapat kita temui adalah curug Cihurang, curug Cigamea, curug Ngumpet, curug Seribu, buat yang mau berkemah juga disediakan lahan perkemahan dengan fasilitas kamar mandi dengan air yang berlimpah.

Bagi anda yang menyukai petualangan maka lokasi kawah Ratu dan curug Seribu bisa dijadikan agenda tempat yang wajib anda kunjungi, namun mencapai kedua lokasi tersebut memang dibutuhkan tenaga ekstra, untuk mencapai kawah putih sendiri kita harus menempuh jarak sekitar 14 kilometer dari bumi perkemahan, sedangkan untuk mencapai curug Seribu ditempuh jarak sejauh 1 – 1.5 kilometer dengan berjalan kaki di jalan setapak yang licin dan curam, namun disinilah letak tantangan yang akan kita taklukkan, dan tak jarang dari para pengunjung langsung jatuh cinta dengan medan trek-nya yang memberikan tantangan tersendiri, jika tidak mau direpotkan dengan jalan kaki yang jauh , curug di bawah ini layak dikunjungi.

Curug Ngumpet

Mencapai curug ini dari jalan raya dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih300 meter, namun ketika melihat derasnya air terjun yang jatuh dijamin langsung jatuh hati, begitulah yang saya rasakan ketika saya mengunjungi air terjun ini untuk pertama kalinya, deretan bebatuan di aliran sungainya juga merupakan sebuah keindahan tersendiri untuk dinikmati, dan bagi yang gemar fotografi lokasi ini adalah tempat yang cocok untuk melampiaskan hasrat memotret. Air terjun ini terlindung oleh pepohonan diatasnya sehingga terlihat rindang dan sejuk, dinding-dinding tebingnya di tumbuhi lumut hijau seolah sebuah lukisan dari sang maestro.

Bagi yang tahan dengan dinginnya air terjun silakan menikmati sensasi pijatan dari air terjun tersebut dengan berdiri di bawahnya, namun jika masih belum berani melakukan pijat air terjun silakan hanya berenang-renang saja di bawah air terjun tersebut, namun tidak disarankan untuk membiarkan putra-putri kita berenang di kawasan ini tanpa di dampingi orang tua maupun pengasuhnya karena jika debit air sedang banyak, lokasinya lumayan dalam dibagian tengah,

Dinginnya air terjun dan indahnya pemandangan disekitarnya seolah menyatu dalam sebuah maha karya keindahan, dan akan membawa kita sejenak melupakan hiruk pikuk kesibukan sehari-hari. 

Jika menyukai sedikit tantangan, di kawasan ini juga menawarkannya.

Selusuri sungai di bawah air tejun ini, bebatuan besar berlumut menghiasi sungai hingga jalan raya, dan karena warna lumutnya yang hijau kekuningannya itulah batu-batu tersebut jadi kelihatan eksotik untuk di abadikan dalam kamera



Curug Cigamea

Curug terakhir yang wajib dikunjungi adalah curug Cigamea, untuk mencapainya tidaklah susah, hanya tinggal menuruni anak tangga yang sudah tersedia, sekitar sepuluh menit menuruni anak tangga kita akan di hadapkan pada sebuah air terjun yang lumayan tinggi dengan tebing-tebing nya yang berwarna coklat kemerahan jika sedang tersinari oleh matahari di ufuk barat. 

Terdapat beberapa warung dan kamar mandi di lokasi air terjun ini, hanya dengan duduk di warung sambil menikmati secangkir kopi panas saja kita sudah bisa merasakan embun yang tersembur dari derasnya air terjun tersebut, dalam perjalanan menuruni anak tangga menuju air terjun tersebut tak jarang dijumpai gerombolan monyet dan mereka juga tidak takut dengan kedatangan kita. (ICE) /galeribogor

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 04.17. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor