UP2K PKK Kota Bogor Raih Upakarti Utama Tingkat Nasional

KOTA BOGOR - Menjelang Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530 yang akan diperingati 3 Juni mendatang,  Kota Bogor mendapat kado istimewa berupa  penghargaan Upakarti Utama I tingkat Nasional katagori kota sebagai penyelenggara terbaik program UP2K  PKK (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga).

Pengharaan tersebut di serahkan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Hj Vita Gamawan Fauzi  pada acara pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat IX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 di Puspa Agro Jemundo Sidoarjo Jawa Timur Kamis (24/5/2012).

Penghargaan tersebut diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto.  Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Boediono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi,  Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Amalia Sari Gumelar,  para Gubernur, dan Kepala Daerah serta Ketua DPRD se Indonesia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengatakan, Kota Bogor meraih penghargaan Upakarti Utama Tingkat Nasional, karena dinilai terbaik dalam program UP2K PKK.  “ Kota Bogor dalam lomba ini diwakili oleh Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan, “ kata Fauziah.

Ia mengakui, bahwa keberhasilan tersebut bukan hanya keberhasilan Tim penggerak PKK dan Pemerintah Kota Bogor. Tapi, merupakan keberhasilan  warga Kota Bogor yang telah mendukung program UP2K PKK khususnya di Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan. “Ini menjadi kado Istimewa warga Kota Bogor menjelang HJB  ke 530 yang akan diperingati 3 Juni mendatang, “ ungkapnya.

Program UP2K PKK menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Bogor.

Program yang telah digulirkan sejak tahun 1985 ini terus berkembang sebagai program penanggulangan kemiskinan dengan memanfaatkan keberadaan fungsi perempuan dalam rumah tangga.

Setelah berjalan 27 tahun, UP2K-PKK telah banyak memberikan akses permodalan untuk mengembangkan usaha. Sebut saja usaha jajanan, kerajinan dan sembako. Para peminjam, bisa memperpoleh bantuan modal usaha berkisar Rp300 ribu sampai Rp 2 juta.

Dari segi pembiayaan, dana UP2K tidak hanya berasal dari dana Impres Bantuan Desa semata, tetapi juga berasal dari PPMK/Block Grant dan bantuan swadaya masyarakat.

“Kami bersyukur di Kota Bogor program UP2K yang merupakan bagian dari 10 program pokok PKK, telah berkembang di 68 kelurahan se-Kota Bogor,” kata Walikota Bogor Diani Budiarto saat menerima tim penilai UP2K PKK tingkat Nasional beberapa waktu lalu

Tahun 2012, Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan mewakili Kota Bogor dalam lomba UP2K PKK. Setelah  lolos dari tingkat Provinsi Jawa Barat dan maju ke tingkat Nasional hingga membuahkan hasil,  dengan diraihnya penghargaan Upakarti Utama 1  tingkat Nasional untuk katagori kota

Kelurahan Empang dinilai telah memenuhi kriteria administrasi, kinerja modal, penambahan anggota, kemitraan, penambahan jenis usaha, teknologi pengemasan, higienitas dan strategi pemasaran. (yan/gus)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 15.41. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor