Pemkab Bogor Wujudkan Pasar Tradisional Modern


CIBINONG - Pembangunan Pasar Cibinong merupakan program revitalisasi pasar tradisional yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Pembangunan pasar ini ditandai dengan pemancangan tiang pancang pertama yang dilakukan oleh Bupati Bogor Rachmat Yasin, Kamis (12/4/2012).


Pembangunan Pasar Cibinong ini dilaksanakan PD.Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, bekerjasama dengan PT. Rimba Artha Pratiwi sebagai pengembang. Pembangunan pasar ini direncanakan dilaksanakan selama 12 bulan, diatas lahan seluas 1,4 hektar yang nantinya dapat menampung 1836 pedagang.

Menurut Direktur Utama PD.Pasar Tohaga, Cahya Vidiadi, pasar ini dirasa sudah layak untuk dibangun ulang. “Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1985 terlebih lagi hak guna bangunan pedagang sudah habis masa aktifnya sejak tahun 2008, oleh karena itu pembangunan pasar ini dianggap sangat perlu dan diharapkan dengan pembangunan pasar yang baru ini nantinya dapat menjadi tombak perekonomian masyarakat sekitar,” katanya. 

Ia juga menambahkan, pembangunan pasar ini membuat Cibinong memiliki pasar tradisional modern yang representatif dengan fasilitas yang memadai. “Pasar ini akan dilengkapi fasilitas penunjang yang representatif, nantinya di sekitar kali baru di pasar ini akan kita revitalisasi juga untuk dijadikan lahan parkir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor dalam sambutannya berharap agar pembangunan pasar ini dapat dilaksanakan dengan maksimal. “Saya harap jangan terlalu lama pembangunan pasar Cibinong ini, agar para pedagang dapat kembali mencari nafkah di pasar ini,” harapnya.

Bupati juga berjanji akan menata Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar pasar Cibinong ini. “PKL itu bukan diberantas tapi ditata, saya berjanji nantinya PKL akan kami tata sehingga tidak mengganggu para pedagang yang ada di dalam pasar,” janjinya.

Bupati juga mengungkapkan pembangunan pasar ini dilaksanakan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. “Pembangunan pasar ini bukan untuk menaikkan pendapatan daerah, tapi semata – mata kita laksanakan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Dalam acara ini, Bupati secara simbolis menyerahkan santunan kepada dua orang anak yatim piatu. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Adjat Sudrajat, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor, Ade Munawaroh, Kapolres Bogor, AKBP Hery Santoso, Kepala Kejaksaan Negeri Cibinong, Nia Amiati. (iwa/ice)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.18. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor