Permainan Tradisional Anak Indonesia


KOTA BOGOR – Sedikitnya 17 kaulinan barudak atau permainan anak tradisional, kian tersingkir akibat laju modernisasi. 

Pasalnya, pembangunan telah kian mempersempit lahan tempat bermain anak-anak, sementara perkembangan tekhnologi  membuat anak-anak di kawasan Kota maupun Kabupaten Bogor lebih menyukai permainan hasil produk modern dibanding permainan tradisional.

Data yang dihimpun Bogor Ekspres, Rabu (14/3), menyebutkan, ke-17 kaulinan barudak yang terancam tinggal kenangan tersebut adalah galah asin atau gobak sodor, gatrik atau patil lele, bola bakar atau rondes, kasti pakai bola kertas, kucing-kucingan, silat-silatan, bentengan, main gundu/kelereng, petak umpet, main bola bekel, congklak, monopoli, ular tangga, lalompatan dengan karet gelang atau tali, halma, dan ludo. Bahkan ketika Bogor Ekspres menanyai sejumlah anak, di antara mereka tak ada yang mengenal permainan galah asin, gatrik, dan kucing-kucingan.

Hasil pengamatan Bogor Ekspres menyebutkan, saat ini anak-anak di Kota dan Kabupaten Bogor lebih asyik bermain game online di warnet, play station (PS), dan dingdong. Dari waktu ke waktu, warnet, tempat bermain PS, dan dingdong yang disediakan di tempat-tempat bermain anak-anak di mal-mal, selalu dibanjiri pengunjung. Tak peduli meski untuk itu mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit,

Selain itu, lapangan tempat bermain anak-anak pun telah kian jarang ditemukan di Kota serta Kabupaten Bogor akibat pembangunan perumahan dan kawasan bisnis yang begitu pesat, sehingga anak-anak sulit untuk dapat bermain kasti dan petak umpet. Namun demikian, di desa-desa di pedalaman, masih ditemukan anak-anak perempuan yang bermain bekel, anak-anak yang bermain kelereng, atau lalompatan dengan karet atau tali. Meski jumlahnya amat sedikit dan jarang ditemui. (mra)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.59. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor