Sungai Cigede Karang Asem Tercemar Sampah

CITEUREUP-  Sampah, bila dikelola dengan benar dan di daur ulang akan menjadi salah satu sumber untuk penghasilan. Tapi bila sampah itu dibiarkan berserakan di sepanjang jalan atau sungai maka akan mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi lingkungan sekitarnya.
Dahulu sungai dijadikan sumber penghidupan bagi peradaban manusia dari jaman ke jaman. Namun kini nasibnya tak sama seperti masa yang telah berlalu. 
Kini sungai dijadikan untuk membuang sampah rumah tangga dan sebagainya. Bagi masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan akan menjadikan sungai sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Pantauan BeritaBogor, Sungai Cigede, misalnya, yang berhulu di Gunung Pancar di Kecamatan Babakan Madang ini mengalir ke berbagai Desa ini telah bertahun - tahun dijadikan TPA oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab. 
Nampak jelas masih banyaknya tumpukan sampah yang mengendap dibawah jembatan tersebut. Hal ini sebagai bukti kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, terutama sungai, ini akan mengakibatkan banjir dan berkurangnya sumber penghidupan bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari aliran sungai.
Melihat kondisi ini membuat para tokoh masyarakat dan pengurus warga Rw07 Desa Karang Asem Timur bekerjasama P.T Sumiden Serasi Wire Products guna menggalakan kebersihan lingkungan. 
Salahsatu gerakannya dalam bentuk himbauan kepada seluruh masyarakat warga Desa Karang Asem Timur untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
"Disisi sungai Cigede sudah kita bentang spanduk peringatan yang bertuliskan Dilarang Membuang Sampah Ke Sungai, Karena Dapat Merusak Lingkungan, Mencemari Perairan dan Banjir. Hal ini sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mengajak warga bergotong royong," kata Ketua Rw07 kepada BeritaBogor. (ajat)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 20.24. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor