Tokoh MUI Cisarua Soroti Pencemaran Dan Imigran

Pertemuan rutin Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cisarua kali ini digelar di Masjid Jammi Al-Fallah Desa Citeko.  

Dalam pertemuan menyinggung limbah Kotoran Sapi yang sudah bertahun-tahun melanda Sungai Kali Gede yang mengalir di desa tersebut, sesuai tema:“Air yang Suci untuk Ijtinza dan Kesehatan”, yang dihadiri Tokoh Ulama se-Kecamatan Cisarua, Muspika dan Tokoh Masyarakat Desa Citeko. Hadir pula Ketua MUI Desa Citeko, Kh. Asep Saepuddin. 

Dalam kesempatan itu Ketua MUI Desa Citeko, Kh. Asep Saepuddin menyampaikan tentang penghijauan yang sudah dilaksanakan di Desa CIteko baru-baru ini. Dia juga mengutarakan empat hal berkaitan dengan Kriteria air terkait permasalahan limbah kotoran sapi yang mencemari air sungai.

“Air yang sudah berubah warna, berubah rasa dan berubah bau adalah najis untuk Ijtihad. Apalagi warga banyak yang menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari," jelasnya. 

Tokoh masyarakat Desa Citeko, H.Acam Sukendar turut menyesalkan belum adanya tindak lanjut dari pihak Kecamatan atas laporan hasil Musyawarah warga tanggal 17 Desember 2011 silam. “Apa tindak lanjut dan hasil dari laporan kami kepada bapak selaku pemegang kuasa di Kecamatan Cisarua bulan lalu?” 

Menanggapi hal itu, Camat Kecamatan Cisarua, Teddi Pembang mengaku sudah berusaha menindak-lanjuti desakan warga dengan cara menutup paksa salah satu peternak sapi yang ada. “Tapi tentu dengan penutupan itu tidak serta merta permasalahan limbah sapi selesai. Kami minta warga untuk sabar,” katanya.

Berbeda dengan Tokoh Ulama Pesanggrahan, KH. Eli yang menyoroti maraknya imigran di wilayah Cisarua Puncak. “Kami khawatir kedepan akan ada permasalahan aqidah yang lebih berat. Kami minta  warga Cisarua menolak kehadiran mereka di wilayah Puncak ," ungkapnya.

"Pihak kami belum melaporkan permasalahan imigran ini kepada bupati. Ini adalah kebijakan Pemerintah pusat dan PBB,” jawab Teddi Pembang.(cj)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 05.19. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor