Kesadaran Tertib Lalu Lintas Perlu Ditingkatkan

Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan dan Ketertiban DLLAJ Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto membantah jika kinerja jajarannya dinilai berkurang terutama dalam mengatasi masalah kemacetan. 

“Kita telah berupaya sungguh-sungguh untuk menekan serendah mungkin kemacetan yang saat ini semakin krodit,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia mengungkapkan, selama ini ada beberapa program DLLAJ yang bertujuan mengurai arus kemacetan Kota Bogor. Di antaranya program shift angkot, pembersihan sepanjang Istana Bogor dari parkir kendaraan serta yang terbaru ruang henti khusus (RHK). Namun, semua kembali lagi kepada kesadaran pengguna jalan, apakah mau mematuhi aturan atau melanggarnya.

“Kita selama ini sudah berupaya maksimal agar masyarakat mengerti dan memahami program yang diberlakukan DLLAJ. Namun, butuh waktu lama agar penerapannya benar-benar berjalan optimal,” bebernya.

Jatmiko-begitu  disapa-mencon­tohkan keberadaan RHK yang merupakan pilot project Kementerian Pekerjaan Umum (PU) di Jalan Pajajaran, belum berfungsi secara optimal. Hal ini disebabkan sebagian besar pengguna jalan tidak mengetahui fungsi RHK.

Dia mengakui jika efektivitas RHK dalam memisahkan kendaraan berkecepatan tinggi seperti sepeda motor dan kendaraan berkecepatan sedang seperti mobil masih sangat minim. 

“Saya mengakui itu, bagai­mana­pun keberadaan RHK baru beberapa minggu. Saat ini, fasilitas pendukung seperti rambu-rambu dan announcer (speaker) sudah dipasang untuk lebih menyo­sialisasikan RHK,” terangnya.

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen dan Rekayasa Lalulintas, Dody Wahyudin menambahkan, pihaknya juga telah memasang sejumlah rambu yang sejauh ini sedang berjalan. “Kadang, rambu yang kita pasang tidak berjalan efektif karena pengguna jalan masih saja melanggar,” katanya.(rur)






Sumber: Radar Bogor 5/1/2012

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.17. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor