Dukcapil Sosialisasi KTP Elektronik

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas resmi penduduk serta bukti diri yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia sehingga perlu dipahami oleh masyarakat luas akan hak, kewajiban dan manfaat memiliki KTP.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Dirjen Administrasi Kependudukan serta Biro Pemerintahan Umum Pemprov Jawa Barat melangsungkan Pembekalan sosialisasi penerapan KTP Elektronik (e-KTP) kepada para Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan se- kabupaten Bogor.
Hal ini guna meningkatkan pengetahuan wawasan dan kemampuan para peserta dalam melakukan sosialisasi program nasional penerapan e-KTP kepada masyarakat di wilayahnya masing - masing.
Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 17 - 18 Nopember 2011 yang bertempat di ruang serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bogor, H. Karyawan Faturachman, , Kamis (17/11/2011).
"Masalah KTP di kabupaten Bogor cukup rawan. Karena adanya urbanisasi memungkinkan terjadinya KTP ganda dan permasalahan pendataannya," ungkap Wakil Bupati saat membuka secara resmi.
Dalam rangka mewujudkan KTP untuk satu penduduk diperlukan kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan berbasiskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebagai tindaklanjut amanat UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Sementara, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor, H. M. Subaweh menjelaskan kegiatan sosialisasi tentang aturan – aturan pencatatan sipil yang akan diberlakukan perlu dilaksanakan seiring berakhirnya masa dispensasi pelayanan pencatatan kelahiran pada akhir tahun 2011 ini.
“Tahun 2012 nanti akan diberlakukan UU Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Dan nantinya masyarakat tidak dipungut biaya dalam mengurus e-KTP,” katanya.
Dalam pembekalan ini peserta diberikan materi kebijakan Pemprov Jawa Barat dalam penerapan e-KTP, Teknis penerapan e-KTP, Penerbitan NIK dan persiapan e-KTP tahun 2012 serta prosedur standar operasi penerapannya.
Kepala bagian Kependudukan Pemprov Jawa Barat, Hj. Mini Tarmini, Sip, MSi memaparkan kepada para peserta secara teknis nantinya setiap kecamatan akan dilengkapi dengan sejumlah unit peralatan pendukung dan jaringan internet.
Sedangkan Kasubdit Identitas Penduduk Dirjen Administrasi Kependudukan, Drs. Drajat Wisnu Setiawan, MM didampingi Sekretaris Korwil IV, Dra. Wiwik Roso Sri Rejeki yang menyampaikan materi terkait kebijakan penerbitan Nomor Induk kependudukan (NIK) dan e-KTP.
"Saya menjelaskan pengertian yang terkandung didalam pasal 13, pasal 82, pasal 83, pasal 63 ayat 6, pasal 5 huruf e, pasal 6 huruf d, pasal 7 huruf g, pasal 101 huruf a dan b," terangnya kepada BeritaBogorDotCom. (als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.42. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor