Desa Pasirangin Menuju Desa Mandiri

Budi daya lele diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila dikelola dan dikembangkan secara benar. Hal ini dikatakan Romawijat Kepala Desa Pasirangin, Kecamatan Cileungsi kepada wartawan, pekan lalu.

Selama ini pihaknya secara terus menerus mengembangkan program budidaya lele melalui dukungan Badan Pemberdayaan Masyarakkat Pembangunan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor dan hasilnya cukup memuaskan.

"Program menuju desa mandiri ini juga diikuti program lainnya, seperti pembangunan infrastruktur desa yang memiliki 4.213 KK Kepadatan 12.365 jiwa," ujar Romawijat.

Tidak hanya, itu pembangunan di sektor pertanian, pelayanan kesehatan maupun pendidikan juga menjadi program prioritas di desa yang sebagian besar penduduk sebagai petani.

"Kami melibatkan semua lapisan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaannya, sehingga nantinya masyarakat pula yang menerima manfaat dari progarm itu," jelasnya.

Pihaknya ingin mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, bukan hanya mengerti hak dan kewajiban, melainkan memupuk rasa tanggung jawab bersama untuk mengembangkan masyarakat desa yang lebih sejahtera dan mandiri.

Dia juga berharap dukungan dari BPMPD dapat terus bergulir hingga terwujudnya tujuan program itu. Termasuk dukungan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

"Semua misi dan out put program kami juga sudah disampaikan kepada pihak Pemprov Jabar dalam bentuk proposal, tinggal menunggu jawabannya" tambahnya.

Secara terpisah, Kepala Sub Bagian Pelaporan BPMPD Pemerintah Kabupaten Bogor, Suratmi mengatakan pihaknya mendukung program desa Pasirangin dalam mewujudkan Desa Mandiri, dan hingga kini masih menunggu arahan lebih lanjut dari pihak Pemprov Jabar. (als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.19. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor