IrPan Syah, Pengrajin Biola Asli Bogor

Sosok Irpan Syah, pria kelahiran Desa Gunung Bunder Pamijahan, Kabupaten Bogor 29 tahun silam dapat dijadikan motivasi bagi pemuda-pemuda lainnya dalam mengembangkan talenta diri menjadi sebuah profesi yang mandiri.


Kemahirannya membuat Biola secara manual dari kelihaian tangannya sendiri sudah ditekuni sejak belasan tahun, bermula dari bengkel servis gitar dan biola milik sang ayah dirinya mulai belajar mengenal dan memperbaiki alat musik yang berbahan dasar kayu ini.

"Awalnya saya mencoba memperbaiki biola yang sudah rusak berat, dan hasilnya alat musik gesek itu dapat berfungsi kembali. Nah dari situ saya mulai mencoba membuatnya sendiri," katanya dalam siaran Radio Teman FM 93 Mhz Bogor, Jum'at (23/9/2011) sore.

Peralatan yang digunakan hingga saat ini tergolong cukup sederhana, yakni menggunakan pisau raut, gergaji besi, palu, pahat ukir, dan lainnya. "Semua dikerjakan sendiri secara manual (Hand Made) dengan menggunakan peralatan peninggalan ayah saya yang sederhana," tambah
pria yang sudah memiliki seorang putra ini.

Sedangkan kayu yang dijadikan bahan dasar biola adalah jenis kayu cempaka, mahoni, atau
jenis jati belanda yang pepohonannya banyak tumbuh di kebun milik keluarga di kampung Babakan Desa Gunung Bunder.

"Meski dari segi permodalan cukup terbatas, namun saya tetap optimis menekuni kerajinan ini. Saya sedang berusaha keras bagaimana caranya agar terwujud memiliki outlet dipertokoan dan mengupayakan media promosinya," katanya saat menjawab pertanyaan Anggara dan Vilda, penyiar Radio Teman FM 93 Mhz.

Diakuinya, untuk membuat sebuah biola membutuhkan waktu hampir satu bulan lamanya. Mulai dari proses pengeringan kayu, membuat pola, membuat pernak-pernik ukiran, sampai pengecatan dan pemasangan senar.

Untuk sebuah biola dengan beragam type dijualnya seharga Rp1,5 juta hingga Rp2 juta rupiah, jauh lebih murah dari biola produk pabrik. Namun biola hasil karya tangan Irpan Syah tak kalah berkualitas, baik dari segi penampilan maupun kualitas suara.

Hingga saat ini dirinya hanya bergantung dari order / pemesanan dari kalangan pencinta alat musik gesek yang tersebar di Jabotabek, Banten dan Bandung. Untuk pemesanan dapat menghubungi Irpan Syah melalui selular 0856 933 95643 atau datang langsung ke alamat Kampung babakan gg.Masjid Rt02/02 Desa Gunung Bunder-1 Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.



Cover:
Irpan Syah berpose bersama Bapak Sony Abdul Syukur seusai siaran Radio Teman FM


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.10. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor