Kota Bogor Membudayakan Seni Budaya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor merangkul kalangan guru dari tingkat SD, SMP hingga SMA serta para organisasi pemuda untuk menyosialisasikan budaya Sunda khususnya kesenian.

Kepala Disbudpar Kota Bogor, Artyana Yanar Anggareni, mengatakan, pihaknya ingin mengajak generasi muda untuk turut melestarikan kesenian Sunda. “Makanya kami ajak para guru dari tingkat SD hingga SMA, serta organisasi remaja. Karena merekalah yang langsung berhubungan dengan masyarakat luas,” kata Ana, sapaannya.

Dia juga menegaskan, seni budaya Sunda bukan hanya warisan leluhur serta identitas yang harus dijaga. Namun bisa membawa nama baik Kota Bogor di ajang kompetisi seni.

Workshop yang dihadiri 40 orang tersebut, juga disampaikan mengenai teknik penyampaian serta pertunjukan yang baik sehingga pesan dari kesenian bisa disampaikan.

“Salah satu upaya kami untuk melestarikan seni Sunda ini adalah dengan menggelar workshop ini. Peserta tak hanya mendapatkan materi, namun dituntut juga untuk adu bakat,” tukasnya.

Ana menambahkan, Kota Bogor memiliki prestasi cukup bagus selama beberapa periode tertentu. Karena itu, sangat disayangkan jika program pelestarian kesenian tidak dimaksimalkan.

“Kota Bogor sempat menjuarai beberapa kompetisi seni di tingkat kota dan wilayah. Ini adalah potensi. Sayang jika tidak dimaksimalkan. Makanya kami gelar workshop ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Bogor, Susi Susilowati menyebutkan, untuk merangkul semua kalangan. Sedangkan untuk mengasah kemampuan, keberadaan kompetisi sangat dibutuhkan.

“Jadi tugas kami tak hanya sampai pada mengenalkan dan melestarikan saja. Kami juga harus bisa mengawasi serta mendukung bakat alami yang ada di sekitar kami,” tegasnya.

Untuk memfasilitasinya, Disbudpar tengah mengusahakan kompetisi seni tingkat kota seperti yang sempat berlangsung tahun lalu.(mia/als)







Sumber: Kota Bogor 1/8/2011

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 12.45. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor