Lowongan Pekerjaan Di Kota Bogor

Sekitar 30 perusahaan 2.400 membuka lowongan pekerjaan, bila berminat dapat mengunjungi Bursa Expo 2011 yang digelar Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kota Bogor di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran Bogor, selama dua hari Rabu dan Kamis (13-14/7/2011).

Kepala Disnakersostrans Asep Ruchiyatna mengatakan, bursa kerja expo 2011 digelar Disnakersostrans sebagai salah satu upaya mempertemukan pengguna jasa tenaga kerja dan pencari kerja, sehingga dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di Kota Bogor.

Dijelaskan, dari jumlah penduduk Kota Bogor 973.113 jiwa diantaranya tercatat ada 42.475 penganggur. Selain itu Disnakersostrans mencatat ada 16.876 pencari kerja.

Menurut Asep, Disnakersostrans tidak hanya mengurus menyalurkan lowongan pekerjaanm tapi membuat jejaring kerja dengan semua lini ketenagakerjaan diantaranya bursa khusus yang ada di swasta seperti di sekolah-sekolah, lembaga latihan swasta. “ Kita telah melakukan MoU dengan jejaring kerja untuk menekan besarnya angka pengangguran di Kota Bogor, “ jelasnya.

Asep menegaskan, upaya yang dilakukannya tersebut untuk menepis anggapan bahwa Disnakersostrans hanya berpangku tangan yang hanya melegalisasi kartu kuning. “Anggapan ini tidak benar karena kita telah menempatkan 2.400 tenaga kerja melalui bursa expo 2011, “ tukasnya.

Walikota Bogor Diani Budiarto berharap bursa kerja yang setiap tahun rutin digelar sedikit akan mengurangi permasalahan pengangguran di Kota Bogor, walaupun dalam kenyataannya masih masih terus menyisakan kendala, karena peluang lowongan pekerjaan tidak signifikan dengan potensi pencari kerja yang ada. “ Kita melihat selama ini peluang pekerjaan ada, tapi tidak sesuai dengan kebutuhan, “ ujarnya ketika membuka bursa kerja expo 2011.

Oleh karena itu, kata Diani, perlu adanya satu upaya atau gerakan agar para pencari kerja masyarakat Kota khususnya dapat memanfaatkan semaksimal mungkin peluang yang ada.

Menurut Diani, untuk mempersiapkan pencari kerja yang siap pakai bisa dilakukan melalui LPK (Lembaga Pendidikan Keterampilan) “Untuk itu saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pimpinan LPK yang selama ini telah berkontribusi dalam membantu pemerintah yang telah menyiapkan tenaga kerja sesuai kompetensi yang dibutuhkan, “ kata Diani.

Diani menghimbau kepada Camat dan Lurah untuk turut memsosialisasikan kepada masyarakat tentang pemahaman kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan, sebab kebanyakan masyarakat saat ini masih berkaca pada jaman dulu bahwa lulusan SMA cepat bekerja, padahal lulusan SMA saat ini pelungnya sangat sulit.“ “Untuk testing CPNS saja yang dibutuhkan S1 atau minimal D3, “ ujarnya.

Selama ini, menurut Diani, walaupun lulusan SMA ada yang menerima, tapi tidak sesuai dengan pekerjaan yang mereka inginkan. “Kita berharap dengan adanya bursa kerja expo ini, tidak hanya menawarkan antara peluang bekerja, tetapi juga bisa mensosialisasikan agar masyarakat faham dalam menyikapi kebutuhan kesempatan kerja dan dia bisa menerima apa yang bisa di kerjakan, “ pungkasnya.(yan/gus)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.39. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor