Kejuaraan Pencaksilat Cup IV Danrem 061

Guna melestarikan budaya pencaksilat dan menjaring pesilat potensial, Korem Suryakencana 061 bekerjasama dengan IPSI Kota Bogor menyelenggarakan kejuaraan Pencak Silat Danrem 061/SK Cup IV 2011 di GOR Pajajaran, kemarin.

Dalam kejuaraan tersebut, dua kategori dipertandingkan. Yakni, tarung dan tunggal ganda regu (TGR) yang dibagi menjadi dua tingkat dengan batas usia 14 hingga 19 tahun. Turnamen itu diikuti 534 pesilat dari 17 perguruan silat (PS) di Kota Bogor.

Ketua IPSI Kota Bogor, Helmy Soetikno mengatakan, kendati hanya diikuti 17 dari 57 PS, animo peserta tahun ini sangat baik dan terus meningkat. Tahun lalu, jumlah pesilat 400 orang. “Berarti respons perguruan terhadap even ini sangat positif,” ujarnya, kemarin.

Menurut Helmy, meski di Kota Bogor terdapat 57 PS, tak semua perguruan mengajarkan teknik TGR kepada para muridnya. Sehingga, hanya segelintir PS yang bisa ambil bagian. “Jadi kalau yang tidak ada ya tak bisa ikut,” tegas pria yang akrab disapa Apih ini.

Sementara itu, Danrem 061/SK, Kolonel Kav Kustanto Widiatmoko menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap pelestarian kebudayaaan warisan leluhur, agar tak terkikis oleh serangan budaya luar.

“Bisa dikatakan ini adalah upaya kami melestarikan seni pencaksilat sebagai harta asli Indonesia. Jadi wajar rasanya jika kita segenap tumpah darah Indonesia menjaga budaya ini,” jelasnya usai pembukaan turnamen.

Ia berharap, lewat kejuaraan ini lahir pesilat berkualitas yang dapat diberdayakan Kota Bogor di kemudian hari. Sekaligus, lebih mengenalkan pencaksilat kepada kaum muda perkotaan. “Mudah-mudahan banyak atlet bermutu lahir dari sini, sehingga pencaksilat dapat lebih maju lagi,” pungkasnya. (fdy/als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 13.28. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor