Kunjungan Museum Sarana Edukasi Bagi Pelajar

Dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 529, Pemerintah Kota Bogor juga membuka kesempatan kepada warga untuk mengunjungi lima museum di Kota Bogor.

Kesempatan warga untuk mengunjungi museum bersamaan dengan Istana Bogor Open 13-16 Juni 2011 dan 20-21 Juni 2011.

“ Jadi, setelah mengunjungi Istana Bogor warga diberikan kesempatan untuk mengunjungi lima museum yang ada di Kota Bogor, “ ujar Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor Hilman Hidayat yang ditemui dilokasi pendaftaran Istana Bogor Open di Halaman Gedung Kemuning Gading Kota Bogor, Rabu (8/7/2011).

Hilman mengatakan, kunjungan gratis ke museum sebagai media edukasi khususnya bagi para pelajar. “Kita berharap kesempatan ini untuk tidak disia-siakan oleh seluruh sekolah yang ada di Kota Bogor, “ harapnya.

Museum yang akan dibuka banyak mengandung sejarah, dan akan menjadi bahan pembelajaran bagi para siswa. Seperti halnya museum PETA (Pembela Tanah Air) yang berlokasi di Jalan Jend Sudirman. Museum tersebut merupakan saksi sejarah cikal bakal lahirnya PETA di Kota Bogor.


Berikut ini adalah daftar Museum yang dibuka gratis untuk umum:

1. Museum Etnobotani
Museum ini diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Di dalamnya terdapat 2000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora. Letaknya di Jl. Ir. H. Juanda No. 24 Bogor.

2. Museum Herbarium Bogoriense
Museum Herbarium Bogoriense terletak di Jalan Ir. H. Juanda, di sebelah Barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya tersimpan dan dipamerkan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri

3. Museum Tanah
Museum Tanah didirikan tanggal 29 September 1988. Museum ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan jenis contoh tanah yang terdapat di Indonesia. Semua jenis contoh tanah di museum ini ditampilkan dalam ukuran kecil, berupa makromonolit. Yang ingin melihat contoh-contoh tanah, langsung saja ke Jl. Ir. H. Juanda No. 98. Bogor. Museum PETA adalah museum yang menyimpan sejarah perjuangan melawan penjajah.

4. Museum Peta (Pembela Tanah Air)
Museum PETA (Pembela Tanah Air) didirikan pada tahun 1996 oleh yayasan perjuangan tanah air. Di dalamnya terdapat 14 diorama mengenai perjalanan perjuangan para pahlawan PETA. Museum ini berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 35 Bogor.

5. Museum Perjuangan
Museum Perjuangan didirikan pada tahun 1957 sebagai tempat penyimpanan berbagai macam senjata yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Di sini terdapat koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris. Museum ini dilengkapi juga dengan diorama perjuangan di daerah Bogor dan sekitarnya dan berlokasi di Jl. Merdeka No. 56. Bogor.

(yan/chris)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 21.07. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor