Hanoman Keliling Kota Bogor

Arak-arakan dua tokoh wayang golek, Hanoman dan Semar Badranaya menjelang pentas wayang golek di tiga Kecamatan di Kota Bogor mengundang perhatian para pengguna jalan disepanjang rute yang dilewati di Kota Bogor.

Dua tokoh wayang golek yang diperankan oleh dua orang crew Radio Sipatahunan Kota Bogor Edo Jinun dan Iwan diarak keliling Kota Bogor dengan menggunakan kendaraan bak terbuka, Sabtu (18/6/2011).

Arak-arakan yang dilepas Ketua Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kota Bogor Shahlan Rasyidi di Balaikota Bogor dengan tujuan mengajak masyarakat khususnya pencinta wayang golek untuk menyaksikan pentas wayang golek di tiga Kecamatan dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke 529.

Perhatian para pengguna jalan dan masyarakat tertuju kepada kedua tokoh wayang golek tersebut saat melintasi rute arak-arakan. Seperti halnya di Jalan Kapten Muslihat dan Jalan Sindang Barang para pengguna jalan sempat menghentikan kendaraannya ketika kendaraan bak terbuka yang membawa Hanoman dan Semar melintas.

Sambil sesekali melemparkan senyum dan mengundang gelak tawa yang melihatnya, Hanoman dan Semar mengajak masyarakat menonton pagelatran wayang golek di tiga Kecamatan di Kota Bogor.

Ketiga Kecamatan yang menggelar wayang golek semalam suntuk, Sabtu (18/6) malam hingga Minggu (19/6) dinihari yaitu di Kecamatan Bogor Barat dipusatkan di halaman Kantor Kelurahan Balumbang Jaya menampilkan dalang Ceceng Arifin, di Kecamatan Bogor Utara di Jalan Pajajaran menampilkan dalang Ujang Jaya Praja dan di Kecamatan Tanah Sareal dipusatkan di Kelurahan Kedungjaya menampilkan dalang Anta Wijaya P.Putra.

Image

Sekretaris Pepadi Kota Bogor Dadang HP mengatakan, kreatifitas–kreatifitas seperti ini perlu dimunculkan dimasa mendatang sehingga acara yang disuguhkan tidak monoton. Seperti halnya dalam pembukaan Istana Bogor Open kali ini kita secara spontan menampilkan reog dan lengser untuk menarik perhatian masyarakat.

Sementara itu pentas wayang golek berikutnya akan digelar Sabtu (25/6/2011) di tiga Kecamatan lagi yaitu di Kecamatan Bogor Selatan yang akan dipusatkan di Kelurahan Pamoyanan menampilkan dalang Jajat E. Saputra.

Selanjutnya di Kecamatan Bogor Tengah dipusatkan di Cilebende Kelurahan Babakan menampilkan dalang Jaya Gumelar, dan di Kecamatan Bogor Timur dipusatkan di Kelurahan Tajur menampilkan dua dalang H. Saim Suminta, dan dalang Rais D. Raharjo. (yan/lan/als)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 23.26. dan Dikategorikan pada , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor