Desa Tapos II Targetkan PBB Seratus Persen

Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Tapos II Kecamatan Tenjolaya, tahun 2010 lalu mampu menembus 60 persen , dan tahun ini ditargetkan akan mencapai 100 persen.
Sebelumnya, mengacu perolehan PBB tahun 2007 berhasil mencapai target/lunas, Tahun 2008 mencapai 50 persen, dan Tahun 2009 mencapai 49 persen.
Hal ini disebabkan ketika itu belum adanya kesadaran masyarakat untuk mengurus hak kepemilikan lahan, peralihan hak atas lahan/balik nama, tempat tinggal wajib pajak tidak sama dengan objek pajak, dan lainnya.
Tentu saja hal ini membuat Kepala Desa Tapos II, Bubun Burhanudin dan jajaran desa tak henti-hentinya melancarkan berbagai terobosan diantaranya jemput bola. Disamping itu diterapkan pula Program SISMIOP (Sistem Informasi Manajemen Obyek Pajak) sebagai salah satu solusi upaya perbaikan administrasi dan peningkatan PBB.
Bahkan telah dilakukan pemetaan dan pendataan secara akurat. "Kini pihak Desa telah mengantongi data kepemilikan lahan dan peta lokasi masing-masing Rukun Tetangga yang sudah akurat," katanya kepada beritabogor hari ini, (3/5).

Perolehan PBB tersebut tidak terlepas dari kinerja petugas pemungut pajak dibantu tim yang diterjunkan membantu kolektor ke obyek pajak. "Petugas pemungut pajak melakukan gerakan jemput bola ke warga sebagai objek pajak. Nyatanya aksi jemput bola ini cukup efektif, sehingga pencapaian perolehan PBB tahun ini ditargetkan akan mencapai 100 persen," tambah Bubun Burhanudin.
Target perolehan PBB tersebut, juga dinilai tidak terlepas dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membayar kewajiban pajaknya. "Ini semua tidak terlepas dari sosialisai kepada masyarakat yang kita gencarkan setiap waktu, sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat," jelasnya.
Berdasarkan data, Desa Tapos II Kecamatan Tenjolaya yang terletak 500 m dari permukaan laut dengan luas wilayah 227,17 hektar ini berbatasan dengan Desa Tapos I (sebelah selatah), Cibitung Tengah (sebelah utara), Gunung Bunder (sebelah barat), Gunung Malang (sebelah timur) dihuni oleh 1.824 Kepala Keluarga yang mayoritas mata pencahariannya sebagai tani dan buruh tani. (sun)

Data Desa Tapos II

Irigasi Teknis ....................... 150 hektar
Irigasi Setengah Teknis ....... 50 hektar
Tempat Rekreasi ................... 1 lokasi
Tanah Waqaf .......................... 1 hektar
Industri ................................... 2 Industri Rumah Tangga (Tas dan Helm)
Pemakaman ........................... 31 hektar
Jalur Hijau .............................. 1 hektar
Perumahan ............................. 2 hektar
Jalan ........................................ 7 km
Bangunan Umum .................. 172 hektar
Masjid ..................................... 5
Mushola .................................. 19


Foto: Unan

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 12.59. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor