SMKN 1 Cibinong Bertaraf Internasional

SMK Negeri 1 Cibinong berdiri pada tanggal 17 Juli 1999 dengan nama SMKN 2 Cibinong, namun berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 217/0/2000, berubah namanya menjadi SMK Negeri 1 Cibinong.

Pembangunan gedung SMK Negeri 1 Cibinong bersumber dari dana LOAN OECF (Bantuan dari Jepang).

SMK Negeri 1 Cibinong berdiri diatas lahan seluas 17.440 m2, dan luas bangunan ± 9000 m2.

Pada tanggal 17 Februari 2000, Gedung SMK Negeri 1 Cibinong yang berada di Jalan Karadenan No. 7 Cibinong Bogor diresmikan oleh Bupati Bogor Bapak Agus Utara Efendi. Dengan tiga program keahlian pada waktu itu yaitu Teknik Informatika Komersial, Teknik Mesin Otomotif, dan Teknik Perkayuan.

Pada tahun 2001, SMK Negeri 1 Cibinong mendapat bantuan berupa ruang kelas sebanyak 4 (empat) ruangan dari Pemda Kabupaten Bogor, dan Alhamdulillah pada tahun 2003 mendapat bantuan lagi dari Pemda Kabupaten Bogor berupa ruang kelas sebanyak 2(dua) ruangan. Sehingga tiap tahun SMK Negeri 1 Cibinong mendapat jatah dua lokal ruang teori untuk memenuhi proses belajar mengajar.

Seiring dengan perkembangan kurikulum sekarang ini (kurikulum 2004), saat ini SMK Negeri 1 Cibinong terdiri dari enam program keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, Multi Media, Teknik Pemesinan, Teknik Mekanik Otomotif, dan Teknik Konstruksi Kayu.

Pada tahun 2008 kurikulum mengalami perubahan dengan diberlakukannya spectrum kompetensi keahlian sehingga program keahlian berubah menjadi kompetensi keahlian, begitu juga kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Cibinong menjadi Kelompok Teknologi dan Rekayasa yang terdiri dari:
1. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Studi Keahlian Teknik Kompeter dan Informatika Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Kompetensi Keahlian Multimedia, Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
2. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Mesin Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan
3. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
4. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Bangunan Kompetensi Keahlian Konstruksi Kayu
Pada tahun 2009 kompetensi keahlian bertambah lagi satu yaitu Teknik Gambar Bangunan, yang terdapat di Program Studi Kelahlian Teknik Bangunan, sehingga semua kompetensi keahlian menjadi 7 (tujuh).

Pada tahun 2008 SMK Negeri 1 Cibinong ditetapkan oleh Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), menyusul dengan dikeluarkannya surat keputusan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 4294/C5.3/Kep/KU/2009.

Salah satu syarat dari SMK RSBI adalah harus mengimplementasikan ISO 9001:2008, Alhamdulillah SMK Negeri 1 Cibinong telah memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008 tahun 2009 serta mengimplementasikan program tersebut dalam operasionalnya sehari-hari.
Sejak SMKN 1 Cibinong berdiri dari tahun 1999, telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Sekolah), yaitu :
1. 1999 s/d 2001 dipimpin oleh Drs. Zakaria
2. 2001 dipimpin oleh Drs. Aep Isar Ina Soemantri
3. 2001 (Juni) s/d 2005 dipimpin oleh Drs. Herry Syahriban, MM
4. 2005 (Desember) s/d sekarang dipimpin oleh Syukur Heryasumirat, S.Pd

Pada era globalisasi dan reformasi memerlukan manusia-manusia yang tinggi sumber daya manusia-nya. Kesempatan untuk hidup layak juga sangat kompetitif sehingga kita mesti punya bekal yang memadai.baik sikapnya yang handal.

Kedua bekal tersabut masih belum cukup ,tetapi di lengkapi dengan budi pekerti yang baik yaitu ahlakul kharimah .insya allah kalian sudah memiliki 3 hal tersebut
.

SMK NEGERI 1 CIBINONG MEWUJUDKAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL PADA TAHUN 2010 BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA
.
1. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianutnya sehingga menjadi insan ta’at beribadah,
2. Menumbuhkan semangat inovatif dan kompetitif secara intensif kepada seluruh warga sekolah,
3. Melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada penggunaan bahasa Inggris dan media teknologi informasi,
4. Melaksanakan pembelajaran yang membangkitkan inovatif dan kreasi dengan berlandaskan iman dan taqwa,
5. Melatih dan membina siswa menjadi insan yang kreatif, mandiri dan berakhlaq mulia,
6. Menerapkan manajemen sekolah berbasis ISO 9001:2008.




Sumber : SMKN 1 Cibinong, Bogor


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 01.19. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor