Kampung Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng terletak di kawasan Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, tepatnya di Jalan Babakan Kemang RT. 01, RW. 02, Cihideung Udik.

Di tempat ini, kebiasaan dan adat isitiadat masyarakat desa sampai sekarang masih tetap terpelihara, seperti wayang kulit, tarian adat Sunda, hidangan khas kampung, serta upacara dan ritual bertani dan berkebun dapat Anda jumpai secara lengkap dari zaman ke zaman.

Kehidupan harmoni yang eksotik inilah yang menjadi daya tarik di Kampung Wisata ini yang membuktikan bahwa Tradisi dan Modernisasi dapat berdampingan dan terpelihara dengan baik.

Selain menawarkan keindahan dan pesona alam, seperti pegunungan, sungai, kebun dan indahnya hamparan petak sawah yang menjalin indah, flora dan faunanya serta kombinasi antara kegiatan alami pedesaan dengan program-program wisata budaya yang menarik, menyehatkan, serta dapat diikuti oleh semua orang.

Wisata ini menyuguhkan berbagai aktifitas yang sangat mendidik bagi keluarga terutama putra-putri anda seperti bagaimana cara menanam, memelihara dan mendapatkan hasil dari berbagai tumbuh-tumbuhan.

Tempat Menginap

Di sini Anda dan keluarga bisa menginap di guest house yang ada di lokasi. Guest House ini sudah dilengkapi dengan AC, kamar mandi, shower dengan air panas dan air dingin dan televisi. Karena jumlahnya terbatas, hanya 8 buah, akan lebih baik apabila Anda memesannya terlebih dahulu.

Tempat Bersantap

Anda bisa bersantap di restoran yang terdapat di lokasi ini.

Berkeliling

Anda dan keluarga melalui program tour Poelang Kampoeng akan diajak berkeliling desa dengan cara berjalan kaki.

Begitu banyak hal yang dapat Anda dan keluarga lihat atau lakukan di Kampung Wisata Cinangneng ini, seperti:

  • Belajar bermain angklung & menyanyi lagu sunda
  • Belajar Menanam/ menggarap/ Memanen Padi
  • Memandikan Kerbau
  • Bermain ala Permainan anak desa
  • Berkreasi dengan huruf dan warna diatas caping (topi petani)
  • Membungkus nasi timbel,
  • Membuat wayang dari daun singkong,
  • Belajar tari jaipong dan belajar main gamelan,
  • Membuat kue bugis atau kue putu
  • Ronda Kampoeng, acara ini merupakan bagian dari paket yang ditawarkan oleh Kampoeng Wisata, yaitu Anda akan berkeliling desa pada malam hari sambil membawa kentongan dan sekaligus disuguhi dengan paket-paket menarik lainnya

Buah Tangan

And dapat membeli souvenir atau cinderamata khas di Gift Shop yang terdapat di dalam lokasi.

Tips

Jika Anda mengikuti acara tour Poelang Kampoeng, ada baiknya Anda membawa baju ganti dan perlengkapan pribadi lainnya mengingat tour ini dapat dilaksanakan seharian tanpa harus menginap.

Untuk mengikuti tour ini, rombongan peserta minimal 20 orang.

Untuk bisa menginap di Guest House dan menikmati suasana pedesaan pada malam hari, akan lebih baik untuk memesannya terlebih dahulu mengingat jumlahnya yang terbatas dan banyaknya peminat.

Kesan Edukasi Budaya

Kampung Wisata Cinangneng yang terletak di Jl. Babakan Kemang, Kecamatan Ciampea ini membuka kesempatan kepada wisatawan yang ingin berwisata dalam suasana pedesaan, khususnya kepada siswa sekolah, melalui program yang diberi nama “Tour Poelang Kampoeng”.

Di sana Anda akan diajari berbagai ketrampilan khas warga desa seperti membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari jaipong, bermain gamelan, atau membuat kue.

Tak hanya itu, yang paling mengasyikkan adalah jalan-jalan keliling kampung dan sekaligus “praktek” menjadi warga desa, seperti belajar bermain angklung & menyanyi lagu Sunda, belajar menanam, menggarap atau memanen padi.

Ada lagi yang tak kalah serunya adalah memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa dan berkreasi dengan huruf dan warna di atas Caping (topi petani).

Selama satu jam, rombongan akan diajak berkeliling kampung dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan mereka diperkenalkan dengan berbagai tanaman yang selama ini mungkin hanya mereka kenal namanya saja seperti tanaman kopi, kacang panjang, timun, melinjo, atau bengkuang.

Setelah puas berkeliling, rombongan diajak bersantai untuk tea break dengan berkunjung ke rumah warga, dan di sana mereka dijamu dengan minuman teh dan gorengan seperti singkong goreng, pisang goreng atau ubi.

Petunjuk Lokasi

Untuk menuju lokasi kampung wisata di desa Cinangneng sangatlah mudah. Dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 2 jam melalui tol Jagorawi. Keluar tol ambil jurusan ke arah Istana bogor hingga melewati gereja Katedral.

Dari gereja Katedral lajukan kendaraan ke arah Ciomas menuju ke kampus IPB Dermaga.

Jika dari arah Lebak Bulus, arahkan kendaraan ke arah Ciputat hingga tembus ke arah jalan Raya Parung-Bogor. Di perempatan Semplak, arahkan kendaraan ke terminal Bubulak.

Selanjutnya dari terminal Bubulak lajukan kendaraan ke kampus IPB Dermaga. Tidak jauh dari kampus IPB, sebelah kiri jalan terdapat papan nama (plang) yang menunjukkan lokasi Desa Wisata Cinangneng berada.




Sumber: Kampung Wisata Cinangneng



JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Al Sabili pada 07.10. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Kang Lintas
Kang Lintas Kang Lintas Kang Lintas

2010 Berita Bogor. All Rights Reserved. - Designed by Berita Bogor